feedburner
Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

feedburner count

3D Rendering Pada Google SketchUp


Rendering merupakan proses akhir pembuatan gambar 2D yang sebenarnya atau animasi dari scene yang telah disiapkan. Ini bisa dibandingkan dengan pengambilan foto atau memfilmkan suatu adegan yang telah dipersiapkan. Beberapa metode berbeda dan terspesialisasi untuk "rendering" banyak dikembangkan. Meliputi merender bingkai kawat non-realistis yang jelas melalui rendering berbasis polygon, ke teknik yang lebih canggih lagi seperti: rendering "scanline", berkas cahaya, atau "radiosity". Merender dapat memakan waktu dari hitungan detik sampai hari hanya untuk satu buah gambar/ frame. 3D rendering merupakan proses grafik komputer 3D yang mengubah kerangka model 3D ke gambar 2D dengan efek "photorealistic" 3D dalam komputer.

Metode Rendering
1. Real-time
Rendering untuk media interaktif, seperti game dan simulasi, dihitung dan ditunjukkan secara real-time, rata - rata 20 sampai 120 frame perdetik. Dalam rendering secara real-time, tujuannya adalah menunjukkan sebanyak mungkin infomasi yang mungkin diproses oleh mata dalam hitungan detik ( dalam kasus ini animasi 30 frame per detik). Tujuannya utamanya adalah kecepatan dan bukan "photo-realism". Faktanya, hal ini menyesuaikan dengan bagaimana mata kita melihat dunia, dan sebagai hasilnya, gambar akhir yang terlihat tidak seperti yang ada di dunia nyata, tapi cukup untuk diterima oleh mata manusia. Perangkat Lunak Rendering mensimulasikan efek visual seperti terang, dalamnya ruang atau gambar kabur. Itu semua bertujuan untuk mensimulasikan fenomena visual hasil dari karakteristik optik kamera dan mata manusia. Kemajuan luar biasa dalam kekuatan komputer untuk memproses data membuat proses rendering dalam game semakin berkualitas. Rendering Real-time sering berbentuk polygonal dan didukung oleh Komputer GPU.

2. Non- Real time
Animasi untuk media non-interaktif seperti film dan video, mengalami proses rendering yang agak lama tetapi mendapat hasil yang jauh lebih baik kualitasnya. Masa rendering bervariasi dari detik sampai beberapa hari untuk sesuatu yang kompleks. Frame - frame yang telah dirender disimpan dalam hard disk lalu ditransfer ke media lainnya seperti gambar film bergerak atau optikal disk. Frame - frame tersebut lalu ditunjukkan berturut - turut dalam rata - rata frame yang tinggi, umumnya 24, 25, atau 30 frame per detik, untuk mendapat gerakan ilusi.

Google SketchUp
Google SketchUp adalah sebuah perangkat lunak desain grafis yang dikembangkan oleh Google. Pendesain grafis ini dapat digunakan untuk membuat berbagai jenis model, dan model yang dibuat dapat diletakkan di Google Earth atau dipamerkan di Google 3D Warehouse.
Saat ini Google SketchUp digunakan pada bidang arsitektur, seperti untuk merancang rumah, gedung, dll.

Di sini saya merancang suatu gambar yaitu ruang keluarga pada suatu rumah dengan menggunakan Google SketchUp.

Gambar Ruang Keluarga, created by Muhamad Arief Sadikin


Gambar diatas masih terlihat belum tampak nyata. Kemudian saya mencoba untuk melakukan teknik Rendering. Dan bisa dilihat gambar dibawah ini adalah hasil gambar yang telah melewati tahap Rendering. Gambar terlihat nyata seperti berada pada ruang yang nyata.

Gambar Ruang Keluarga, created by Muhamad Arief Sadikin




Referensi :
Materi Rendering
Google SketchUp






0 comments:

Post a Comment

Android Developer

A.W. Surveys